Sabtu, 08 Februari 2014

manfaat air putih hangat

Dulu pas jamannya masih jadi anak kost aku lebih sering minum air putih yang dipanasin dulu di dispenser dan ternyata kebiasaan itu dianggap ngga biasa alias aneh sama temen-temen kostku. Pun saat aku sama temen-temen makan di suatu warung makan atau dimanapun, aku seringkali membicarakan kebiasaanku minum air hangat yang ditularkan oleh kakak perempuanku. Dan respon yang selalu aku terima dari mereka tetap sama, aku dianggap ‘makhluk’ dari planet lain yang berkelakuan berbeda dengan mereka yang lebih menyukai air putih dingin ‘buatan’ kulkas (lemari es). Minder ? yaa, tentu aja aku sempat minder gara-gara kebiasaan itu. Tapi tahukah kalian kalau ternyata air putih hangat itu punya banyak manfaat lhoo.. berikut aku rangkum manfaat dari air putih hangat. Check this out ..



1.      Pembersihan dan Pemurnian
Nah lhoo, kalian pasti bingung kan sama manfaat air putih hangat yang pertama ini ? jadi, yang dimaksud pembersihan dan pemurnian disini adalah air putih hangat akan membantu sistem pencernaan dalam membuang racun dari tubuh dan membersihkan sistem tubuh itu sendiri. untuk kalian ketahui juga kalau sistem pencernaan yang buruk dapat dengan mudah diobati dengan segelas air panas dua kali sehari, terutama kalau diminum di awal pagi. Hihii udah kayak minum obat dokter yaa ? wkk :D . kalau kalian bosen sama rasa tawar dari air putih itu dan untuk hasil terbaik juga, kalian bisa kok mencampur air putihnya sama madu atau lemon, hemmm pasti seger banget tuhh :D


2.      Menghilangkan racun
Kok bisa ? yaa bisalah.. jadi gini guys, karna saat malam hari tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan, jadi minum air putih hangat nan panas(?) di pagi hari akan sangat membantu meringankan fungsi ginjal dalam hal menghilangkan berbagai racun dan ‘produk buangan’ (limbah) dari dalam sistem tubuh. Kalau kita minum air hangat pasti berkeringat, iyaa kan ? hal ini terjadi karna ketika suhu tubuh naik, tubuh akan mencoba mendinginkan suhu melalui keringat. nah, berkeringat dapat membantu mengeluarkan dan membersihkan sel-sel kulit dengan mengambil kelebihan air dan garam dari sel dan tubuh. Hihii, ‘mudeng’ nggak nih guys ? selain itu juga dapat melembabkan dan menghaluskan kulit kita lhoo guys..


3.      Meningkatkan sirkulasi darah
Kalau kalian rajin minum segelas air hangat di pagi hari, maka timbunan lemak di tubuh akan dibakar dan timbunan dalam sistem saraf juga akan diurai sehingga hal ini akan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh serta mengeluarkan racun yang berbahaya.


4.      Mengatasi sembelit
Pernahkah kalian mengalaminya guys ? sembelit merupakan masalah perut umum yang terjadi karena kurangnya air dalam tubuh, sehingga mengurangi gerakan usus. Salah satu solusi mengatasi sembelit  adalah dengan minum segelas air hangat di pagi hari saat perut belum terisi makanan alias kosong. Ini dapat meningkatkan gerakan usus dan menyembuhkan sembelit karna air panas atau hangat dapat memecah partikel makanan dan melewatinya melalui usus.


5.      Meredakan flu dan batuk
Buat kalian yang lagi ngalamin penyakit umum ini ada baiknya kalau kalian sering mengonsumsi air putih panas atau hangat untuk mengurangi nyeri tenggorokan, batuk dan juga membantu dahak mudah keluar.


6.      Mengurangi rasa nyeri
Buat kaum hawa yang sering mengalami kram pada saat menstruasi, kalian bisa minum air panas atau hangat untuk mengurangi rasa nyerinya. Selain itu, minum air panas atau hangat juga bisa untuk mengurangi sakit perut, sakit kepala atau nyeri pada tubuh.


7.      Menurunkan berat badan
Wuhuuuu~ siapa sangka kalau minum air putih panas atau hangat bisa menurunkan berat badan ? ternyata banyak ahli diet  yang menyarankan pada pasiennya untuk minum segelas air panas dengan campuran lemon dan madu setiap hari untuk menurunkan berat badan mereka lhoo guys. Tau kenapa air panas bisa menurunkan berat badan ? jadi, air panas ini dapat memecah timbunan lemak dari tubuh dan membantu dalam penurunan berat badan. Nah, buat kalian yang sedang menjalani program diet, coba deh konsumsi air putih hangat atau panas untuk membantu menurunkan berat badan kalian.

Demikian beberapa manfaat dari air putih hangat atau panas yang aku rangkum dilansir dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat yaa guys J

*Oh,iyaa mulai sekarang jangan segan untuk minum air hangat atau panas yaa guys, tapi jangan air mendidih langsung dimasukin mulut, yang ada nanti bibir jadi gemuk lidah jadi berantakan(?) hahaa :D

Dan jangan lupa untuk selalu minum segelas air putih hangat di pagi hari ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hanya menerima kritik dan saran yang membangun